7 Langkah Ajarkan Anak Jaga Privasi

| Selasa, 17 Juli 2012


|

Usia anak-anak adalah usia serba mau tahu. Terlebih lagi jika sudah kenal dengan internet, sudah pasti sulit menahan keingintahuan mereka. Banyak orang tua merasa bangga, anaknya sudah mampu berinternet-ria, tanpa sadar ada banyak ancaman mengintai. Bahkan si anak diberi kebebasan penuh untuk berselancar di dunia maya.
Ada yang namanya predator dunia maya, yang sengaja mengincar user internet pemula. Mereka ini senang memperdaya user anak-anak yang masih polos, untuk memberikan data penting orang tuanya. Lalu ada lagi ancaman cyberbully, pelecehan terhadap anak dan remaja. Yang tidak kalah bahaya adalah para scammer yang memanipulasi informasi penting anak.
Maka orang tua sebaiknya sudah mulai memberi pemahaman tentang menjaga privasi online kepada anak-anak. Bagaimana caranya? Berikut ada 7 langkah yang bisa dilakukan orang tua:
  1. Ajarkan anak mengatur setting privasi di social media yang ia ikuti, misalnya Facebook dan Twitter. Beri pengertian kenapa itu harus dilakukan, yaitu mencegah agar data mereka tidak bisa diakses oleh sembarang orang.
  2. Awasi foto dan video yang diunggah anak-anak Anda. Walau sudah diberitahu bahwa mereka tidak boleh mengunggah foto dalam pose terbuka atau video yang terlalu pribadi, kadang anak lupa atau sengaja melanggar. Maka tetap awasi mereka, dan segera tegur jika masih melakukan hal yang sudah dilarang. Beri tahu apa akibatnya jika masih mengunggah foto yang terlalu pribadi.
  3. Ingatkan anak-anak untuk tidak memposting email dan nomor telepon di social media, apalagi yang masih ber-setting publik.
  4. Katakan bahwa password hanya boleh dibagi ke orang tua saja, bukan ke teman, atau orang lain.
  5. Minta anak agar tidak membalas email yang meminta informasi priibadi, dan langsung menghapus email yang berasal dari pengirim tak dikenal.
  6. Ajari anak untuk membuat nama user email yang tidak langsung bisa ditebak, misalnya yang mengandung nama lengkap, tanggal lahir, bahkan alamat. Buatlah username yang tidak dapat dikenali apakah pemiliknya lelaki atau perempuan.
  7. Ingatkan anak agar segela melapor pada Anda atau guru jika ada yang berbuat tidak menyenangkan atau membuatnya merasa terancam di dunia maya. [Internet Sehat]

0 komentar:

Next Prev
---Sofware Dan Game!--(_Pelajaran-Komputer_)--

My Playlist


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
Diberdayakan oleh Blogger.
▲Top▲